Inovasi Bumdes, Taba Padang R Kembangkan Wisata Lembah Hijau, Penasaran! Ayok Berkunjung

449

Bengkulu Utara,Ganendralamont.com-Kembangkan anggaran Bumdes tentu memang harus memiliki inovasi-inovasi baru disetiap desa, agar nantinya realisasi dari anggaran Bumdes tidak terbuang sia-sia atau gagal ditengah perjalanan saat ketika dalam pengelolaan.

Maka dari itu salah satu Desa di Bengkulu Utara mencoba mengembangkan inovasi dan kreatifitasnya dengan menggunakan Aanggaran Bumdes, seperti halnya yang direalisasikan oleh Desa Taba Padang R Kecamatan Hulu Palik Kabupaten Bengkulu Utara, dengan membuat wisata baru.

Hal tersebut juga dilaksanakan guna menambah pendapatan desa, Pemerintah Desa Taba Padang R melaui kelompok Bumdes dan bersama warganya memanfaatkan air salah satu bendungan yang ada di desanya menjadi destinasi wisata baru.

Kepala Desa Taba Padang R, Salihin Jum’at (12/12/2019) mengatakan, lokasi Wisata tersebut merupakan salah satu Inovasi BUMDes yang akan dikembangkan guna menambah pendapatan asli desanya.

“Ya,tentu ini salah satu upaya kita di dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) guna menambah penghasilan desa serta mendongkrak ekonomi masyarakat.” Tutur Salihin.

Wisata tersebut di beri nama “Lembah Hijau” yang mana  wisata berada dipenghujung Desa Taba Padang R, suasana wisata yang masih asri dengan keindahan alamnya.

“Wisata ini kiita beri nama “Lembah Hijau”, karena susananya disini masih alami, dan sejuk.” Ujar Salihin.

“Dengan dibuatnya wisata tersebut, tentu dapat menjadi sebuah wahana tempat berkunjung khusus bagi anak-anak dan keluarga.”Tambhanya.

“Jarak lokasi Lembah Hijau juga tidak jauh dari Desa, jalan masuk juga bagus, bahkan kalau kendaraan bermotor bisa masuk langsung ke lokasi wisata.”Ucap Salihin.

Selain wahana Sepeda Air Bebek, besar kemungkinan nantinya objek wisata milik BUMDes Taba Padang R yang diketuai oleh Alkausar ini juga akan dikembangkan serta dilengkapi permainan-permainan lain.

Dengan begitu Kepala Desa berharap nantinya dapat menjadi salah-satu alternatif kunjungan bagi wisatawan lokal, maka dengan itu pihaknya juga dengan perlahan akan berusaha mengembangkan wisata tersebut.

“Kita berharap setidaknya wisata ini nanti dapat menjadi alternatif kunjungan wisatawan lokal. Pelan-pelan dengan anggaran yang ada kita akan terus tingkatkan pembangunan wisata BUMDes ini.”Pungkas Salihin.

Dengan dikembangkannya wisata ini,semoga kedepannya dapat membantu mendongkrak ekonomi masyarakat, khususnya Desa Taba Padang R, kemudian Salihin tentu sangat berharap dukungan dan support dari segenap element, khusnya pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara.

“Semoga bisa membantu mendongkrak ekonomi masayarakat. Tentu support dari berbagai kalangan sangat kita harapkan, khususnya dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkulu Utara.” Harap Salihin.

Terakhir disampaikan Salihin, untuk para pengunjung dari manapun datangnya nanti, beliau menghimbau agar dapat sama-sama menjaga wisata dengan baik.

“Kami dari pemerintah Desa Taba Padang R menghimbau kepada pengunjung, baik dari desa ini sendiri ataupu luar desa, mohon menjaga lingkungan wisata agar tidak membuang sampah sembarangan, dan tidak merusak fasilitas yang ada.’Himbau Salihin.

Wisata Sepeda Air Bebek tersebut merupakan salah satu ide dan gagasan dari Kelompok Badan Usaha Milik Desa Taba Padang R di bawah kepemimpinan Kepala Desa Taba Padang R Salihin, wisata diberi nama “Lembah Hijau”.

Yola bersama rekannya dari Bengkulu Tengah saat mengunjungi wisata mengatakan bahwa mereka penasaran dengan wisata baru tersebut.

“Kami datang kesini karena penasaran dengan wisata baru, kalau ditempat lain kami sudah bosan.”Ungkap Yola.

Redaksi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here